Halo, Saya Dimas!



Halo. Perkenalkan nama saya Dimas Candra Sugiarto. Saat ini saya sedang disibukkan dengan kegiatan perkuliahan dan juga jadwal kerja paruh waktu di sebuah warkop/cafe. Salah satu hobi saya—katanya sih—menulis.

Lewat postingan ini saya ingin berbagi sedikit tentang latar belakang kenapa blog ini dibuat, apa aja kontennya, dan alasan kenapa saya mau seriusin blog ini. *Aw

Hobi blogging sudah ada sejak SMA, tapi kontennya cuma sekadar posting hal-hal sepele yang hanya untuk dibaca sendiri. Blog yang saat ini kalian baca pun motivasi utamanya juga masih gak beda jauh. Hanya saja untuk beberapa kondisi—entah kenapa—saya merasa perlu untuk membuat orang lain tahu isi kepala saya mengenai suatu topik lewat tulisan-tulisan saya.

Ibaratnya sih, semua orang pasti bakal mati. Tapi gagasan seseorang pasti akan senantiasa hidup.

Jujur saja sih. Sebagai seorang introvert, mengkomunikasikan sesuatu lewat media tulis jauh lebih efektif dan meminimalisir miskonsepsi. Apalagi di era kebebasan berpendapat seperti sekarang, semua orang punya hak yang sama untuk bersuara baik secara objektif maupun subjektif sekalipun. Dan menurut saya, platform yang sangat kompatibel dengan kebutuhan tersebut salah satunya adalah blog.

Sebenarnya saya bisa aja pakai Facebook, Twitter atau Instagram sebagai media untuk 'bersuara' (yang sebenarnya masih saya lakukan). Namun untuk alasan tertentu, blog bagi saya jauh lebih nyaman dan juga sekaligus mampu untuk menciptakan personal branding seseorang. *Wew

Rubrik


Salah satu cara yang akan saya terapkan supaya konten-konten di blog ini tidak acak-acakan yakni dengan dibuatkan rubrik/kategori artikel. Konsep seperti ini saya adopsi dari kebanyakan blog/website mainstream yang sudah ada sih, salah satunya website berita.

Sejauh ini saya sudah punya rencana untuk membuat 10 jenis rubrik yang sifatnya bisa berubah sewaktu-waktu. Kira-kira seperti ini detailnya :

Opini. Khusus untuk artikel-artikel yang mengupas topik-topik khusus namun berdasarkan opini saya baik secara objektif maupun subjektif. Topiknya sih beragam mulai dari politik, sosial, hal-hal yang lagi tren, dsb.

Curhat. Isinya gak bakal jauh-jauh dari keseharian saya. Tapi sebisa mungkin kontennya tidak terlalu diary-able meskipun tidak menutup kemungkinan hal semacam itu bisa terjadi. Bisa aja 'kan pas saya nulis lagi galau, tahu-tahu artikelnya malah jadi melankolis. *Hehehe 

Review. Kategori review yang saya maksud di sini sebenarnya masih bisa dibagi-bagi lagi sesuai konten yang pengin dibahas. Tapi sejauh ini yang ada di dalam benak saya, kemungkinan yang pengin saya ulas yakni seputar film, buku, drama, komik/manga dan anime. Artikel kategori ini biasanya bakal mengandung konten spoiler bagi yang belum nonton, tapi sebisa mungkin akan saya usahakan agar tidak (terlalu) spoiler. Semoga.

Dunia. Saya punya hobi melakukan riset seperti tentang trend, peristiwa, geografi, politik, kota, teknologi maupun budaya negara lain yang menurut saya unik untuk dibahas. Cukup edukatif.

Idoling. Sebagai seorang penikmat musik idol jejepangan maupun idol KPop, kategori ini wajib ada di blog saya. Kemungkinan isinya semacam review MV, lagu atau sejenisnya meskipun kapabilitas saya sebenarnya tidak cukup untuk mengomentari hal semacam itu. Penginnya juga semua grup idola mau saya bahas, tapi kemungkinan bakal lebih fokus ke Keyakizaka46, IZ*ONE dan 22/7.

Teknik. Sebagai seorang mahasiswa engineering, kategori ini pasti ada dong. Apalagi saya hobi banget ngulik perihal desain reaktor nuklir, bahan radioaktif, unsur-unsur, dan lain sebagainya. Mungkin ini bakal jadi salah satu rubrik yang berfaedah di blog ini.

Sejarah. Apapun yang dibahas di sini tentang sejarah apapun di dunia.

Dolan. Untuk poin ini kemungkinan bakal jadi tempat pelampiasan saya untuk mengeksploitasi suatu tempat yang saya kunjungi dalam bentuk teks. Tentu saja bakal ada beberapa foto pemanis, namun sebagian besar bakal berupa tulisan karena konten foto dan video akan saya posting terpisah.

Album. Rubrik yang hanya berisi foto-foto hasil jepretan saya, mulai dari yang hasilnya bagus maupun yang buluk. Hanya sebagai dokumentasi sekaligus pelengkap artikel jalan-jalan, misalnya. Nanti di akhir postingan biasanya akan saya tambahkan tautan google drive sebagai back up data.

Vlog. Rencana ini sudah saya pikirkan jauh-jauh hari. Well, nanti lihat saja deh bagaimana caranya seorang Dimas bisa melakukan rekaman dan editing video untuk konten channel YouTube-nya. Sebenarnya konten-kontennya pun penginnya sih cuma sebagai dokumentasi pribadi. Tapi kalau ternyata secara ajaib ada yang nonton dan suka sama videonya, saya bakal bahagia banget. *hehehe

Penutup


Kalau semisal ada yang nanya kira-kira ada pandangan gak untuk memonetisasi blog/vlog sebagai sumber penghasilan tambahan. Jujur aja sih, meskipun saya memang dengan sadar menginvestasikan banyak waktu untuk membuat banyak konten, tapi sama sekali gak ada motif untuk mengkomersialkan mereka.

Lagian juga gak ada jaminan tulisan maupun video saya akan mampu menarik banyak massa dan adsense. Dan juga, saya hanya mau buat konten tanpa harus khawatir masalah view. Intinya cuma sebatas hobi aja lah. Kalau semisal nantinya dapat menghasilkan uang ya Alhamdulillah. *Hehehe

Baiklah, sekian perkenalan dari saya.

Saya Dimas. Enjoy!

Comments